Membaca file CSV pada Python




Dingin pagi mulai memudar, selayaknya embun pagi yang mulai menghilang terkena sengatan sang mentari 😊.  Hentakan pedal lagu crawling linkin park menghentakkan telingaku membuat sadar akan pak tua yang berjalan perlahan menghabiskan sisa hidupku. Sudah berapa lama hidupku terbuang percuma dengan hal yang tidak berguna dan bahkan merugikan diriku. Udah berapa banyak yang diperjuangkan dalam kurun waktu singkat ini atau tidak sama sekali. Semua kenyataan tidak sesuai dengan harapan, kadang kehidupan tidak berjalan sesuai keinginan. Let's go untuk melanjutkan apa yang sudah menjadi keinginan  utama jangan lihat kebelakang anggap saja semua yang kita lakukan adalah langkah untuk menggapai tujuan dan fikirkan semua yang sudah dikorbankan 😤.  Pak tua tidak perna mencoba untuk menunggu kita atau menuntun kita, dia hanya berjalan terus maju tanpa peduli kita berhasil atau tidak karena itu urusan kita. Ia hanya membimbing kita menuju tempat terakhir kita. Seperti itulah kerja pak tua malas yang berjalan perlahan tapi pasti 😇.

Sebagaimana kehidupan, setiap langkah yang kita buat telah di catat oleh yang maha kuasa. Sewaktu kita meninggal dunia kita akan mempertanggung jawabkan segala apa yang dilakukan. Pada python kita juga dapat membaca catatan yang tersimpan dalam bentuk csv ataupun json. Pada percobaan kemarin kita sudah berhasil mengambil data twitter lewat API Twitter dan menyimpannya dalam bentuk csv. kali ini kita akan membuat program untuk membaca file csv dengan menggunakan python. Pada pemrograman python terdapat library yang bernama pandas untuk membaca file csv.

Berikut ini percobaan sederhana saya dalam membaca file csv dengan menggunakan pandas. Pada library Pandas kita dapat membaca keseluruhan data, membaca sebagian data berdasarkan parameter yang diberikan serta kita juga dapat membatasi jumlah data yang ingin kita baca, semua bisa dilakukan dengan pandas 😏.

import pandas as pd
rd = pd.read_csv("data.csv")

print("--- menampilkan data keseluruhan ------->", rd)
print("--- menampikan sepuluh data  ----------->", rd.head(10))

titleCsv = rd["title"].values 
print("--- menampikan semua deta berdasarkan title ---->", titleCsv)

titleCsv = rd.head(10)["title"].values
print("--- menampikan sepuluh data berdasarkan title -->", titleCsv)

arradatabaru = []
for i, title in enumerate (titleCsv):  
      arradatabaru.append(title)
print ("--- membuat array baru berdasarkan data sebelumnya --->",arradatabaru)


Sangat mudah bukan. Jika anda belum mengerti atau belum mengikuti step sebelumnya, tinggal klik link github berikut ini, semoga bermanfaat 😬.
















Membaca file CSV pada Python Membaca file CSV pada Python Reviewed by sdiik on October 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.