Selamat Pagi menjelang Siang 😚
Bersyukur masih bernafas di suhu panas Negara Indonesia. Suhu panas akibat para penguasa mencoba saling menjatuhkan untuk jadi pemenang, yang katanya terbaik mencoba  saling mencela untuk jadi seorang pahlawan demi secuil kekuasaan 😏. Mungkin mereka lupa bahwa tidak ada yang benar  - benar abadi di dunia ini. Segalanya udah berada pada garis kehidupan, tidak akan pernah untuk kita mampu menyelah garis kehidupan, karena hidup adalah permainan Tuhan 😇. Terima tidak terima, Senang atau sedih kita harus ikhlas menjalankannya.  Begitulah Skenario Tuhan begitu apik dan dapat langsung kita rasakan. Bahkan dengan adanya Sosial Media di era millenia kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitar kita  😄.

Twitter, media sosial satu ini yang sempat dikabarkan tewas dibunuh Instagram ternyata hidup kembali, berkat informasi yang diberikan begitu cepat entah valid atau tidak, tapi ya sudahlah yang penting semua pada kepo dengan berita yang ada 😋. Bahkan banyak sekali influence twitter menyebar ke instagram, menscreenshot postingan twitter kemudian di posting kembali di Instagram 😊. Selain itu Twitter menyediakan open Api sehingga kita dapat menggunakan data - data twitter untuk keperluan kita. Seperti saat ini saya menggunakan twitter untuk keperluan analysis, pada percobaan  ini saya menggunakan bahasa pemrograman python.

Sebelumnya kita Install library berikut ini :
  • pip install tweepy
  • pip install csv
  • pip install regex
  • pip install requests-html
  • pip install DateTime
Setelah itu kita buat kelas untuk mengambil data dengan API Twitter, codinganya seperti berikut ini. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri ke Open API Twitternya dulu, untuk mendapatkan oaut dan access tokenya 😊.

import tweepy
import csv  
auth = tweepy.auth.OAuthHandler('***', '****')
auth.set_access_token('****', '****')

api = tweepy.API(auth)
csvFile = open('result3.csv', 'a')
csvWriter = csv.writer(csvFile)

for tweet in tweepy.Cursor(api.search,
                           q = "google",
                           since = "2014-02-14",
                           until = "2019-02-15",
                           lang = "en").items(): 
    csvWriter.writerow([tweet.created_at, tweet.text.encode('utf-8')])
    print (tweet.created_at, tweet.text)
csvFile.close()

Oups !!! satu lagi jangan lupa untuk menyertakan satu file python 😱. Tenang, file pythonnya udah saya taruh di github dan dapat dicopy secara bebas. Berikut link github untuk mempermudah temen - temen memahaminya, jika ada yang dipertanyakan bisa tulis di kolom komentar, terima kasih.





















Post a Comment

Previous Post Next Post