Membuat Aplikasi Seperti Youtube Tanpa Storyboard (IOS)


Hari ini hari yang lumayan mendung dan udaranya lebih sejuk dari biasanya, mungkin bagi penikmat kopi ini adalah waktu yang tepat untuk ngopi, baik ngopi sendiri atau ngopi bareng temen yang setema, hhmm kenapa harus setema ??? dengan setema maka alur yang dibicarakan pun hampir sama dan juga terciptanya obrolan yang mengundang sedikit tawa. emang gak boleh ya kalau gak setema, boleh - boleh aja mumpung kita udah merdeka. Stop deh basi tauk ...😆

Kembali ke topik, emang kalau setema itu nikmat, seperti saya saat ini, saya sangat tertarik dengan UI Youtube yang begitu simple dan Elegan, jadi saya memutuskan untuk mencoba membuat tiruan UI nya. mungkinkah berguna... ???, bagi saya sendiri sih lumayan berguna. Karena ini adalah sample kedua saya setelah saya mencoba membuat tiruan UI facebook kemarin.  😁....

Mungkin saya describsikan sedikit tentang aplikasi yang saya buat. aplikasi ini adalah aplikasi yang di bangun menggunakan SWIFT 4, dan berjalan di IOS . aplikasi ini juga dibangun tanpa menggunakan storyboard murni coding. hahaha..... gak GG sih cuma berusaha mengikuti para lagend di barat sana yang menyarankan untuk menggunakan full coding dalam membuat aplikasi , karena memudahkan dalam kerja tim dan mudah di baca saat di satukan dalam GIT.

Aplikasi yang saya bangun ini memiliki beberapa fiture yang mungkin berguna  bagi orang yang pertama kali belajar SWIFT 4 :
- Aplikasi ini memiliki menu Toolbar , yang mana toolbarnya terdapat name dari layout yang di pilih, search dan setting. khusus untuk search belum ada actionnya hahaha...
- Aplikasi ini memiliki tab menu, dimana apabila salah satu tab menu di pilih akan menuju layoutnya. terdapat empat tab menu (home,  trending,  Subscriptions, Account) layaknya youtube. dimana list data sudah berasal dari backend untuk image dan datanya.
- Apabila salah satu list dipilih maka akan menampilkan Video. Dimana video tersebut juga berasal dari salah satu video yang terdapat dalam internet. walaupun tampilannya masih sangat simple.
- Setting pada aplikasi ini menggunakan buttomsheet layout (layout yang muncul perlahan - lahan dari bawah screen Iphone).  Saat tampil muncul beberapa list yang dapat dipilih seperti setting , Tems & privacy policy, Send Feedback, Help, dan Switch Accout. tapi sayang untuk ini masih sebatas action yang mengarah ke layout kosong karena belum saya connect ke backend aplikasinya, hihihih... namanya juga uji coba.

Mungkin cuma sebatas itu saja, karena saya juga masih tahap belajar. Berikut saya kasih link github nya, semoga bermanfaat !!!

https://github.com/sdiik/SecondProject

















Membuat Aplikasi Seperti Youtube Tanpa Storyboard (IOS) Membuat Aplikasi Seperti Youtube Tanpa Storyboard (IOS) Reviewed by sdiik on April 09, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.